PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM AN-NUR
Desa Kedawang Nguling Pasuruan 67185
Berdiri pada : 25 Mei 2011
Pendahuluan
Anak Usia Dini dan Pendidikan
Anak adalah anugerah dari Yang Maha
Kuasa sehingga setiap orang yang dikaruniai seorang anak wajib untuk mengasihi,
membimbing, memberikan pendidikan yang terbaik serta mengupayakan
kesejahteraannya sesuai dengan kemampuan yang orang tua miliki karena anak juga
adalah masa depan keluarga.
Teori yang mangatakan bahwa
pendidikan yang pertama dan terutama adalah dalam keluarga sangat tepat
sehingga orang tua harus sebagai contoh dan model bagi anak.hal ini sesuai
dengan sabda Nabi “kullu mauludin yuladu ala alfithrah fa abawahu yuhawwidanihi
ayu yunashshironihi au yumajjisanihi...”al hadits (HR Bukhori Muslim). Jika
orang tua dapat memberikan contoh dan teladan yang baik bagi anak-anaknya maka
sikap anak tidak jauh beda dari orang tuanya demikian sebaliknya apabila orang
tua tidak dapat memberikan contoh dan teladan yang baik maka orang tua tidak
bisa berharap banyak anak-anaknya akan menjadi lebih baik sesuai dengan
keinginan orang tua, bukankah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya?
Kehadiran Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) yang menjadi bagian dari Sistem Pendidikan Nasional Indonesia menjadi
sangat urgen bagi peletakan dasar pendidikan anak seperti yang tertuang dalam
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003. PAUD membantu pertumbuhan dan perkembangan
jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih
lanjut. Anggapan bahwa pendidikan itu baru bisa dimulai setelah Sekolah Dasar
(7 tahun) ternyata tidak benar, bahkan pendidikan yang dimulai pada usia TK
(4-6 tahun) pun sebenarnya sudah terlambat karena sebenarnya pendidikan itu
bisa dimulai sejak anak lahir bahkan sejak dalam kandungan.
Pendidikan anak usia dini dilakukan
dengan tujuan memberikan konsep yang bermakna bagi anak melalui pengalaman
nyata dan bermakna. Hanya melalui pengalaman nyata dan bermaknalah anak
menunjukkan aktivitas dan rasa ingin tahu (curiousity) secara optimal dan
menempatkan posisi pendidik sebagai pendamping, pembimbing serta fasilitator
bagi anak sehingga menghindari bentuk pembelajaran yang hanya berorientasi pada
kehendak guru yang menempatkan anak secara pasif dan guru menjadi dominan.
Pada masa usia dini anak mengalami
masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa dimana anak mulai
peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Masa peka pada masing-masing
anak berbeda, seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara
individual. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis
yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga
merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik,
bahasa, sosio emosional, agama dan moral.
Pendidikan anak usia dini merupakan
wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar
terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan
pada anak. Keberhasilan proses pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar
untuk proses pendidikan selanjutnya. Demikian juga keberhasilan penyelenggaraan
pendidikan pada lembaga pendidikan anak usia dini (Kelompok bermain, Taman
Penitipan Anak, Satuan PAUD sejenis lainnya) sangat tergantung pada sistem dan
proses pendidikan yang dijalankan.
LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM AN- NUR
Lembaga Pendidikan Islam AN NUR
sebagai lembaga pendidikan (yang terdiri atas Majlis Ta’lim, Madrasah Al Qur’an
(TPQ), Pembelajaran Bimbingan pemahaman kitab kitab (metode Amtsilati)), yang
senantiasa berusaha ikut serta dalam rangka mensukseskan tujuan pendidikan
Nasional Indonesia dan dengan adanya upaya agar Lembaga Pendidikan Islam AN NUR
dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat setempat dalam upaya
peningkatan mutu pendidikan, maka salah satu upaya pengembangan pendidikan yang
dilakukan adalah dengan membuka dan menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD).
PAUD AN NUR dalam kiprahnya di dunia
pendidikan terutama dalam rangka penyelenggaraan PAUD perlu mendapatkan
dukungan dan dorongan dari berbagai pihak yang berkompeten. Dukungan dan
dorongan tersebut terutama yang diharapkan dari Dinas P dan K sebagai Instansi
yang berwengang atas penyelenggaraan pendidikan di seantero Nasional Indonesia.
Visi, Misi dan Tujuan
Visi
Visi PAUD AN NUR adalah Menjadikan
Dunia Anak Lebih Bermakna. Setiap waktu yang dilalui anak adalah waktu emas
yang sangat bermakna. Namun demikian karena kurangnya pengetahuan orangtua dan
pengasuh (pembimbing), waktu yang seharusnya digunakan untuk mengembangkan
potensi terpendam malah menjadi petaka yang akan merusak perkembangan Anak.
Waktu yang seharusnya menjadikan anak
tumbuh dan berkembang menjadi diri mereka sendiri, malah digunakan untuk
memuaskan orangtua. Untuk itu PAUD AN NUR hadir untuk bekerja sama dengan
orangtua untuk mengembalikan waktu anak sehingga waktu anak adalah waktu
terbaik, waktu paling bermakna untuk proses perkembangannya.
Misi
Misi PAUD AN NUR dalam mewujudkan
Visi di atas adalah dengan melaksanakan beberapa rencana :
1.
Melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada anak
2.
Memberikan kegiatan pembelajaran yang membebaskan proses berkembangnya potensi
anak
3. Melakukan
pembimbingan dan pengasuhan yang terbaik agar anak mendapat pembelajaran yang
terabaik
4.
Melaksanakan kerja sama dengan pihak lain seperti orangtua, lembaga pengasuhan
lain agar dunia anak dapat dimiliki anak sepenuhnya
Tujuan
Tujuan PAUD AN NUR secara umum
adalah
1. Membantu
anak untuk terus belajar sepanjang hayat guna menguasai keterampilan hidup.
Pembelajaran bagi anak usia dini bukan berorientasi pada sisi akademis saja
melainkan menitikberatkan kepada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan
perkembangan fisik, bahasa, intelektual, sosial-emosi serta seluruh kecerdasan
(Kecerdasan Jamak). Dengan demikian, PAUD yang diselenggarakan harus dapat
mengakomodasi semua aspek pekembangan anak dalam suasana yang menyenangkan dan
menimbulkan minat anak.
2.
Mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup
dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sedangkan berdasarkan
tinjauan aspek didaktis psikologis tujuan pendidikan di Pendidikan Anak Usia
Dini yang utama adalah; pertama, menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap dan
keterampilan agar mampu menolong diri sendiri (self help), yaitu mandiri dan
bertanggung jawab terhadap diri sendiri seperti mampu merawat dan menjaga
kondisi fisiknya, mampu mengendalikan emosinya dan mampu membangun hubungan
dengan orang lain. Kedua, meletakkan dasardasar tentang bagaimana seharusnya
belajar (learning how to learn). Hal ini sesuai dengan perkembangan paradigma
baru dunia pendidikan melalui empat pilar pendidikan yang dicanangkan oleh
UNESCO, yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan learning to
live together yang dalam implementasinya di lembaga PAUD dilakukan melalui
pendekatan bermain sambil belajar (learning by playing) , belajar yang
menyenangkan (joyful learning) serta menumbuhkembangkan keterampilan hidup
(life skills) sederhana sedini mungkin.
Apabila semua pihak terutama orang
tua mengetahui dan sadar akan pentingnya PAUD serta didukung oleh tenaga
pendidik yang dapat melaksanakan pendekatan pembelajaran sesuai dengan prinsip
dan tujuan belajar anak usia dini maka akan terciptalah anak Indonesia yang
cerdas, terampil dan bertanggung jawab yang tentunya didukung oleh kesehatan
yang baik serta akhlak mulia karena pendidikan anak usia dini harus dilakukan
secara holistik atau menyeluruh baik ilmu, watak dan kepribadian, iman yang
baik serta kesehatan yang prima. Dengan jalan ini PAUD An Nur diharapkan mampu
menyiapkan masa depan anak yang diharapkan pada waktunya mampu membawa bangsa
ini menuju kejayaan dan mampu bersaing dengan dunia global.
Kondisi
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) AN
NUR kini tengah menyelenggarakan proses pendidikan yang telah berjalan selama 4
Bulan. PAUD AN NUR didirikan pada tanggal 25 Mei 2011 dengan diketuai oleh Khoirul
Hadi, S.Pd.I
Sarana pendidikan PAUD AN NUR saat
ini Pinjam satu ruang belajar Milik Madrasah Al Qur’an /TPQ An Nur dengan jumlah
tenaga pendidik sebanyak empat orang yang background pendidikannya SLTA (
sedang Proses Pendidikan S1). Jumlah siswa pada saat ini sebanyak 20 orang.
Partisipasi Masyarakat
Partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan PAUD cukup
menggembirakan. Hal ini dapat ditandai dengan keikutsertaan mereka
berpartisipasi aktif dalam Kepengurusan serta menyekolahkan anak usia dini mereka ke PAUD AN
NUR. Disamping itu mereka para orang tua siswa tidak segan-segan dalam
memberikan infaq dan shadaqah terhadap penyelenggaraan PAUD.
Peserta Didik dan Tutor
Data peserta didik dan tutor dapat
diihat pada lampiran
Kelembagaan
Untuk memudahkan dalam pengelolaan
penyelenggaraan PAUD AN NUR maka disusun kepengurusan yang mempunyai peran an
fungsi masing-masing. Susunan kepengurusan PAUD AN NUR adalah :
Penasehat : H AHMAD QUSYAIRI, Lc.
1.
Ketua :
KHOIRUL HADI, S.Pd.I
2.
Sekretaris : SHOMADI
3.
Bendahara :
H. HASAN BASRI
4.
Pendidik dan Tutor : FATIMAH, DEWI
QOMARIYAH, MAZIROH,
ADHIMATUS SHOLIHAH
Rencana Pengembangan di Masa Depan
PAUD AN NUR memiliki perencanaan
pengembangan di masa depan. Diantaranya adalah :
1.
Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan bagi anak
usia dini yang lebih memadai
2.
Meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan PAUD
dengan cara mengadakan seminar dan lokakarya
3.
Melakukan pendekatan kepada instansi dan atau Dinas
yang berkompeten untuk melancarkan program pedidikan yang diselenggarakan.
4.
Melakukan kampanye kepada masyarakat akan pentingnya
pendidikan bagi anak usia dini.
Penutup
PAUD AN NUR berdasarkan konsep dan
rencana pengembangan sudah dikatakan matang. Namun dalam tataran operasional
sangat membutuhkan dukungan dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu
kami mengharapkan adanya sumbangsih berupa ide/pemikiran dan dorongan berupa moril
maupun materil.
Atas partisipasi semua pihak yang
terlibat kami ucapkan terima kasih.
Pasuruan, 19 Juli 2011
Penyelenggara PAUD AN NUR
|
Ketua,
KHOIRUL
HADI, S.Pd.I
|
Sekretaris
SHOMADI
|
RENCANA PROGRAM KEGIATAN
1.
PROGRAM
TAHUNAN
- Pentas kreasi seni anak (Progam kerja sama denganTPQ)
- Wisata Alam (Rekreasi)
-
Lomba Anak Kreatif
2.
PROGRAM
SEMESTER
-
Pemeriksaan
tumbuh kembang anak
-
Pemeriksaan
gigi berkala
-
Kunjungan
Edukatif
-
Pertemuan
Wali Murid
3.
PROGRAM
TRIWULAN
-
Pertemuan
Wali Murid
-
Peningkatan
gizi (Pemberian Vitamin)
4.
PROGRAM
BULANAN
-
Berkunjung
ke POSYANDU
-
Jalan
Jalan
-
Makan
bersama
-
5.
PROGRAM
MINGGUAN
-
Senam
-
Praktek
sholat
-
6.
PROGRAM
HARIAN
a.
Pembukaan
-
Berbaris
-
Mengucapkan
salam
-
Berdo’a
-
Tanya
jawab, tentang kegiatan di pagi hari, mandi, sikat gigi. Dll
b.
Inti
-
Mengaji
-
Bermain
menangkap bola
-
Bernyanyi
-
Berdoa
sehari-hari misal Do’a makan, do’a bangun tidur, dll
-
Menyebutkan
warna
-
Berhitung
/ mengenal angka
-
Dll
c.
Istirahat
d.
Penutup
-
Diskusi
(tanya jawab tentang kegiatan hari ini)
-
Baca
surat surat pendek
- Berdoa dan salam
blog yang bagus.
BalasHapusalangkah lebih bagus lagi bila setiap sub judul di atas punya sub menu sendiri.
sy juga baru belajar ngeblog, monggo kunjungi blog kami, MTs Darul Hikam Semedusari di https://darulhikamblog.blogspot.com
kita bisa sharing2 untuk blog kita yang lebih baik....