Sabtu, 26 Oktober 2013

Mengenal Lebih Dekat Majlis Rasulullah Jakarta ; Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa



Majelis Rasulullah adalah sebuah majelis ta'lim pimpinan Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa. Majelis ini didirikan pada tahun 1998. Saat ini majelis ini rutin diadakan pada malam Selasa, berpusat di Masjid Raya Almunawar Pancoran, Jakarta Selatan. Fokus pengajaran Habib Munzir ialah mengajak umat Islam untuk bertobat dan mencintai Nabi Muhammad dan sunnahnya, serta menjadikannya sebagai idola.

Latar belakang
Nama "Majelis Rasulullah" dalam aktifitas dakwah ini berawal ketika Habib Munzir Almusawa lulus dari pendidikannya di Darulmustafa pimpinan Al Allamah Al Habib Umar bin Hafidh Tarim Hadramaut, Yaman. Ia kembali ke Jakarta dan memulai berdakwah pada tahun 1998, dengan fokus pengajaran mengajak orang bertobat dan mencintai Nabi Muhammad dan sunnahnya, serta menjadikannya sebagai idola.
Habib Munzir mulai berdakwah di Jakarta. Setelah berjalan kurang lebih enam bulan, Habib Munzir memulai membuka majelis setiap malam Selasa, mengikuti jejak gurunya Al Habib Umar bin Hafidz yang membuka majelis mingguan setiap malam Selasa. Ia sempat memimpin Ma'had Assa'adah, yang diwakafkan oleh Al Habib Umar bin Hud Alattas di Cipayung. Setelah setahun, Munzir tidak lagi meneruskan memimpin ma'had tersebut dan melanjutkan dakwahnya dengan menggalang majelis-majelis di seputar Jakarta.
Habib Munzir dalam majelis malam Selasa dari rumah ke rumah pada awalnya mengajarkan fiqh dasar. Kemudian Habib Munzir mengubah penyampaiannya dengan memberikan nasihat-nasihat mulia dari hadits-hadits dan ayat Alqur'an dengan Amr Ma'ruf Nahi Munkar.

Perkembangan
Ketika pengunjung semakin padat, ia memindahkan majelis dari musholla ke musholla, lalu untuk menampung hadirin yang semakin padat maka Munzir memindahkannya menjadi dari masjid ke masjid secara bergantian. Mulailah majelis ini diberi nama oleh Habib Munzir sebagai "Majelis Rasulullah".
Majelis kian memadat, maka Habib Munzir mengambil empat masjid besar yang bergantian setiap malam Selasa, yaitu masjid Raya Almunawar Pancoran Jakarta Selatan, Masjid Raya At Taqwa Pasar minggu Jakarta Selatan, Masjid Raya At Taubah Rawa Jati Jakarta Selatan, dan Ma`had Daarul Ishlah Pimp. KH. Amir Hamzah di Jalan Raya Buncit Kalibata Pulo. Karena hadirin semakin bertambah, maka Habib Munzir akhirnya memusatkan majelis malam Selasa ini di Masjid Raya Almunawar Pancoran Jakarta Selatan. Kini acara ini umumnya dihadiri berkisar antara 10.000 hadirin setiap minggunya.
Habib Munzir juga meluaskan wilayah da'wahnya sehingga mencapai hampir seluruh wilayah pulau Jawa, dan kelompok-kelompok Majelis Rasulullah tersebar di sepanjang pantai utara dan pantai selatan pulau Jawa, Bali, Mataram, Irian Barat, bahkan Singapura, Johor dan Kuala Lumpur. Demikian pula di stasiun-stasiun televisi swasta, VCD, majalah bulanan, dan situs internet "Website Majelis Rasulullah" juga digunakan untuk menyiarkan dakwahnya. Telah diadakan pula kegiatan di banyak instansi dan perkantoran, diantaranya khotbah Jumat dan siraman rohani di Departemen Keuangan, Gedung GKBI Jakarta, Bank Danamon, Bank Indonesia, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar